Sabtu, 27 April 2013

Ajining Bangsa Saka Budaya, Ajining Budaya Saka Pemuda

Alhamdulillahirrobbil alamin... Akhirnya terlaksana juga acara yang kita tunggu-tunggu selama ini. Ya, Dina Tradisional dan Hari Kartini yang telah di kemas apik oleh para panitia dari OSIS MAN 3 Malang. Kerja keras mereka siang dan malam telah membuahkan hasil dan sudah disuguhkan pada kalian dalam bentuk yang semeriah ini.

Sabtu, 27 April 2013. Suasana MAN 3 Malang sangat ramai, banyak dekorasi-dekorasi yang terpampang di sepanjang lingkungan MAN 3 Malang. ada apa gerangan? yuk, kita tengok kegiatan yang sedang berlangsung di MAN 3 Malang ...





pawai budaya . Pawai ini diikuti seluruh murid kelas X - XI MAN 3 Malang. Dengan mengangkat konsep budaya berbatik dan Hari Kartini. Kaum lelaki banyak yang menggunakan paduan Batik pada kostum yang dikenakannya, sedangkan kaum wanita hampir semuanya menggunakan pakaian Kebaya khas Jawa. Sejujurnya, ini konsep dari mereka sendiri. Secara Spontanitas mereka terinspirasi untuk menggunakan Kebaya, padahal panitia mempermudah mereka untuk menggunakan pakaian  Batik. Namun, partisipasi mereka sangat luar biasa. Tak lupa, mereka juga menyobekkan Kupon yang sudah di bagikan untuk di tukar Door Prize di panggung utama nanti.









Setelah mengikuti serangkaian pawai budaya dengan rute yang telah di tentukan, mereka segera diarahkan ke Stand Budaya yang menampilkan makanan-makanan Tempoe Doeloe, Sejarah Kota Malang, Pakaian-pakaian adat, dan lain sebagainya. Stand Budaya yang dipamerkan oleh siswa-siwi Kelas X ini akan di voting oleh kakak kelas XI untuk pemilihan stand terbaik. 

Stand Makanan Tempoe Doeloe. Tak hanya Siswa-siswi saja yang menampilkan Stand Budaya, OSIS MAN 3 Malang pun mendatangkan sejumlah penjual makanan-minuman tradisional, seperti Jamu Sehat, Gulali, Arbanat, Cenil, Orog-Orog, Roti Maryam dan lain lain. 

Setelah itu, kita sampai pada panggung utama yang akan menampilkan beberapa hiburan. Seperti aransemen Lagu daerah (Jadoel) dari seleksi yang telah di lakukan H-2, Teater yang mendatangkan dari MAN 1 Malang, Tari Tradisional dari Sumringah (Sebutan Tim Tari MAN 3 Malang) dan Bela diri dari ekskul Taekwondo MAN 3 Malang.





sebelumnya, acara ini di buka oleh Bapak Adi Siswanto selaku Pembina OSIS MAN 3 Malang sebagai Pengganti Bapak Kepala yang belum bisa hadir karena ada rapat dengan guru-guru. Namun, seluruh penonton dan panitia sangat senang ketika Bapak Ahmad hadir di tengah-tengah kita setelah beberapa penampilan di mulai. Beliau datang dan menyampaikan bahwa beliau sangat mendukung acara ini . "mungkin ilmu pengetahuan sosial, biologi, matematika 5 Tahun lagi tidak akan terpakai lagi, namun Kreatifitas kalian itu akan tetap terpakai.." salah satu kutipan dari sambutan singkat dari Bapak Kepala Sekolah. intinya, tetaplah kembangkan kreatifitas dan inovasi baru kalian !





lalu kita ada pembagian Door Prize, Penampilan Teater dari MAN Malang 1, Tari Tradisional dan Bela Diri. Penampilan memakau ini sangat menarik perhatian penonton. terbukti penonton masih tetap ramai hingga akhir acara. Beberapa menit sebelum adzan Dhuhur berkumandang, beberapa perwakilan kelas di panggil untuk menampilkan dan menjelaskan konsep dari kostum yang di gunakan. akhirnya , Puncak acara nya adalah pembagian Door Prize Utama (Kipas Angin) yang di raih oleh anak kelas XI .


putri-putri perwakilan kelas yang memamerkan kostum kartini mereka



pemenang hadiah utama (sebelah kiri) yang di bagikan oleh panitia (berkacamata)


Akhir kata, Terimakasih untuk Semua yang telah berpartisipasi dalam acara ini. Tanpa partisipasi dan dukungan dari kalian, mungkin acara ini tak akan terlaksana. Terimakasih juga untuk Sponsor yang telah mendukung acara ini . Terimakasih untuk BANK SYARIAH MANDIRI, TOGAMAS, DIAN ILMU, NEUTRON, WALIKAN, WE3 DISTRO, CITRA MUDA, DITA WATCH, dan beberapa donatur yang telah ikut mendukung kelancaran acara ini. Terimakasih banyak atas bantuan , dukungan, dan kerja samanya..

kami dari OSIS MAN 3 Malang sangat senang dengan terlaksananya acara ini. Tolong saran dan kritik untuk acara ke depannya kami tunggu di twitter, blog, fanspage atau langsung tulis unek-unek kritik saran ke kotak saran OSMAGA :)

sekali lagi, kami ucapkan terimakasih :) foto-foto sudah kami upload di fanspage kami, klik disini. [nf]

Senin, 22 April 2013

Dino Tradisional H-3

assalammualaikum warah matullahi wabarakatuh.

Bagaimana kabar pembaca setia Blog OSIS MAN 3 Malang?
OSIS MAN 3 Malang punya kabar baik untuk kalian semua, karena OSIS akan mengadakan "Perayaan Hari Kartini dan Dino Tradisional" yang rencananya akan diselenggarakan pada Sabtu, 27 April 2013. Acara ini bertema “Ajining Bangsa Saka Budaya, Ajining Budaya Saka Pemuda”.  Tujuan OSMAGA mengadakan acara ini salah satunya untuk membudi dayakan batik dan mencintai budaya Indonesia khususnya kota Malang.



Kegiatan ini di kemas dalam beberapa kegiatan. Diantaranya kita akan memulai kegiatan ini dengan Pawai Budaya yang dikemas seperti jalan sehat berhadiah dan Puncaknya adalah Panggung Budaya yang pengisi acaranya akan kita hadirkan dari luar. Penasaran siapa yang akan menjadi pengisi acara? So, tetep ikuti kegiatan-kegiatan OSIS seminggu ini.

Untuk mempersiapkan acara ini, di harapkan para siswa kelas X dapat memaksimalkan Pembuatan Stand Budaya dan ikut serta dalam Aransemen Lagu Daerah. 

Sejauh ini, persiapan pengurus OSMAGA sendiri sudah sangat maksimal. Dari pencarian sponsor hingga persiapan pengisi acara. 

Penasaran dengan acara Perayaan Hari Kartini dan Dino Tradisional ini?
update terus info kami di @osmagayes atau bisa like fanspage kami di OSMAGA .
thanks for attention, please share this info ! [nf]